Tekn. Baru Penyembuh Tumor Otak

Juni 16, 2015

Hingga saat ini, masih banyak kasus kematian yang disebabkan oleh tumor otak. Penyakit ini  pun dianggap sebagai penyakit yang berbahaya dan mengerikan. Namun sebenarnya, bila dipahami dengan benar, penyakit ini tidak akan mengancam nyawa, terutama bila cepat terdeteksi, maka usaha untuk menyembuhkannya pun tak akan sulit.

Pada dasarnya, tumor terjadi karena adanya sel yang tumbuh tidak normal di dalam otak. Tumor yang tadinya tidak mengancam jiwa, bisa menjadi tumor ganas atau kanker bila sel abnormal tersebut tumbuh semakin besar dan akhirnya ‘membunuh’ sel-sel di sekitarnya yang masih sehat. Tak semua tumor yang berada di dalam otak terbentuk di dalam otak. Tumor yang tumbuh dan terbentuk di dalam otak disebut dengan tumor otak primer. Ada juga tumor otak sekunder yang berasal dari bagian tubuh lain yang menyebar sampai ke otak, atau disebut dengan metastasis.

BACA : Apa itu Metastasis?

Ada banyak faktor yang memengaruhi terjadinya tumor otak. Misalnya seperti faktor keturunan, atau memiliki catatan keluarga penderita kanker otak, terkena zat kimia saat beraktivitas, terkena radiasi saat melakukan pengobatan kanker, serta usia (risiko tumor otak meningkat seiring bertambahnya usia).

Gangguan dalam bentuk apapun, termasuk tumor yang terjadi di dalam otak harus segera ditangani. Sebab, otak memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Sehingga semakin cepat tumor otak dideteksi, maka peluang untuk sembuh pun akan semakin besar. Deteksi dini juga akan menghindarkan tumor otak berkembang menjadi kanker otak yang jauh lebih berbahaya.

Operasi Gamma Knife

Operasi otak dikenal sebagai salah satu solusi terbaik untuk mengatasi tumor otak dengan cara membuka otak. Meskipun ahli bedah saraf akan mencoba cara terbaik untuk mengangkat tumor, namun menghilangkan seluruh tumor otak merupakan prosedur operasi dengan risiko yang tinggi. Otak merupakan organ yang sangat sensitif, sehingga bila operasi pembedahan otak tidak berjalan semestinya, maka proses ini justru bisa menyebabkan kerusakan permanen pada otak.

Selain itu tindakan bedah juga sangat sulit menghilangkan penyebaran tumor lain yang masih berukuran kecil dan memungkinkan tumbuh menjadi tumor ganas atau kanker.  Anda juga akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk menjalani masa pemulihan dan terapi fisik untuk mengembalikan fungsi otak.

Kini, sebuah teknik operasi baru bisa menjadi pilihan Anda. Operasi yang minim komplikasi ini dikenal dengan Gamma Knife Radiosurgery. Gamma knife memungkinkan pasien tumor otak mejalani operasi tanpa risiko bedah, tanpa rawat inap dan bahkan tanpa rasa sakit. Bahkan, Gamma Knife dipandang sebagai salah satu perawatan terbaik tanpa efek samping untuk sejumlah permasalahan tumor di otak yang tidak mungkin diatasi dengan operasi.

Gamma Knife juga memberikan pilihan pengobatan untuk sejumlah kelainan di otak dengan risiko jauh lebih rendah dibandingkan dengan operasi. Oleh karena itu, teknologi ini banyak digunakan di banyak negara maju untuk mengobati beberapa gangguan otak.

Sinar gamma ukuran kecil

Gamma knife radiosurgery memanfaatkan sinar gamma. Sinar yang berjumlah kurang lebih 192 berkas sinar gamma akan ‘menembak’ seluruh titik yang terdeteksi tumor dengan tujuan untuk merusak jaringan tumor tanpa menyebabkan kerusakan pada sel-sel sehat di sekitarnya.

Penentuan area otak yang diperlukan untuk operasi Gamma Knife diputuskan melalui sejumlah pemeriksaan diagnostik, seperti MRI, CT scan dan digital substraksi angiografi. Tim spesialis yang terdiri dari ahli bedah saraf, onkologi dan medical physicist juga akan bersama-sama merencanakan seluruuh tindakan gamma knife.

Tidak seperti radioterapi, Gamma Knife tidak menyebabkan efek samping yang biasanya ditimbulkan oleh efek radiasi. Pasien tidak akan mengalami penurunan kemampuan kognitif, rambut rontok, mual, kurangnya keterampilan motorik atau koordinasi tubuh, kelelahan atau efek samping lain yang sebagian besar terjadi pada terapi radiasi konvensional. Keuntungan lain saat Anda memanfaatkan gamma knife sebagai solusi tumor otak adalah penghematan waktu. Sebab, tindakan gamma knife dilakukan dalam hitungan jam. Anda pun bisa langsung pulang begitu tindakan ini selesai, sebab gamma knife dilakukan tanpa pembedahan maupun pembiusan. Sehingga Anda pun menjadi lebih hemat.

Kenyamanan teknologi oprasi tumor otak yang sangat canggih ini ternyata bisa Anda dapatkan di Indonesia. Gamma Knife Center Indonesia (GKCI) kini hadir di Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci, Tangerang. Anda bisa mendapatkan informasi yang lebih lengkap dengan mengakses www.gammaknifeindonesia.com atau hubungi +6281295100080.

Posted in News

Leave a Comment

Visit Our Facebook PageVisit Our Facebook PageVisit Our Facebook PageVisit Our Facebook PageVisit Our Facebook Page